Desty Permata Sari – Indonesian GP

Akhir penantian 25 Tahun kejuaraan balap motor paling bergengsi di dunia, MotoGP akhirnya kembali diselenggarakan di Indonesia. di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Nusa Tenggara Barat. Sebelumnya Indonesia menggelar balapan di Sirkuit Sentul, Bogor, pada 1997. Saat itu, Sirkuit Internasional Sentul menjadi tuan rumah gelaran ‘Marlboro Indonesia Grand Prix 97’. Sirkuit Sentul menjadi saksi munculnya legenda pembalap MotoGP yaitu Valentino Rossi. Rossi meraih juara dunia kelas 125cc di usia 18 tahun.

Indonesia menjadi lokasi seri kedua MotoGP 2022. Sirkuit Mandalika baru pertama menggelar balapan MotoGP, hal itu membuat seri Indonesia kali ini terasa spesial. Antusias dari warga Indonesia khususnya penggemar motorsport ikut mewarnai balapan yang di gelar pada sirkuit Mandalika yang memiliki Lintasan sepanjang 4,3 km ini akan menjadi saksi sejarah kembalinya pentas kasta tertinggi kejuaraan balap motor dunia. Karena memang sudah lama Indonesia absen menggelar balapan kejuaran dunia balap motor.

Nama Mandalika sendiri berasal seorang tokoh legenda, yakni Putri Mandalika yang dikenal mempunyai paras cantik dan menawan. Setiap tahunnya, masyarakat Lombok Tengah merayakan upacara Bau Nyale, yaitu ritual mencari cacing laut yang diyakini sebagai jelmaan Putri Mandalika. Dengan adanya upacara ini, bisa menarik wisatawan lokal maupun internasional. Tidak heran, banyak yang menilai Mandalika dapat menjadi ‘The New Bali’.

Mandalika tidak hanya menyajikan balapan MotoGP, tetapi juga wisata alam yang indah.  Panorama perbukitan dan pantai berpasir putih yang mengelilingi sirkuit sepanjang 4,3km itu juga menjadi nilai tambah untuk dinikmati para penonton MotoGP yang datang kesana. Lokasi paling populer dan selalu ramai oleh pengunjung adalah Pantai Kuta, yang sangat dekat dengan sirkuit. Di pantai ini tersedia fasilitas paling lengkap, mulai dari hotel, kafe, restoran, hingga bar.